Kamis, 26 Mei 2011

Pajak Penerangan Jalan Umum Naik

Pengesahan Ranperda Pajak - Pajak Daerah Kota Batam oleh DPRD, mendapat penolakan oleh beberapa masyarakat yang melakukan aksi damai di depan gedung wakil rakyat.

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gebrak sengaja menggelar aksinya dikarenakan tidak adanya transparansi dalam pembahasan ranperda tersebut. , "Tidak adanya transparansi dalam pembahasan ranperda pajak," terang Uba Ingan Sigalingging, Ketua Gebrak, Rabu (25/5).

Uba menilai informasi tentang sidang paripurna cenderung ditutup-tutupi, serta kenaikan pajak ini tidak layak karena perekonomian kota Batam belum begitu stabil.

Namun tuntutan dari Gebrak tidak ada satupun anggota dewan yang menemuinya. Hal itu lantaran demonstrasi yang digelar berbarengan dengan sidang Paripurna Pengesahan Ranperda Pajak - Pajak.

Sidang paripurna seolah tidak mau terganggu dengan aksi Gebrak tersebut. Buktinya Yudi Kurnain sebagai Ketua Pansus Pajak tetap menyampaikan hasil pembahasan pansus yang telah dibentuk sejak 29 Februari 2011 dengan masa kerja 90 hari itu.

Yudi membacakan bahwa pajak hotel, restoran, parkir, reklame, mineral bukan batu dan pajak hiburan tidak mengalami kenaikan. Legislator PAN ini beralasan untuk pajak-pajak yang tidak mengalami kenaikan diyakininya masih bisa memberikan pendapatan yang maksimal dengan cara optimalisasi sistem dan kinerja yang ada.

Namun untuk Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) justru mengalami kenaikan secara progresif mulai dari tahun 2011 sebesar lima persen, dan pada tahun 2012 sebesar enam persen.

Yudi beralasan, Pajak PJU ini di bawah dari daerah lain dan dana yang terkumpul nantinya akan dialokasikan untuk perbaikan dan penambahan prasarana yang sudah ada.

Selanjutnya ranperda dan akan diserakan ke gubernur dan selajutnya ke Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan. (arju)

sumber: http://batamheadlines.com/kabar/baca/pajak-penerangan-jalan-umum-naik

1 komentar:

Lampu Hemat Energi mengatakan...

wah harusnya dengan kenaikan, jadi lebih bagus lagi nih penerangan jalannya..